borussia-dortmund-vs-real-madrid

Dortmund Tahan Imbang Real Madrid Di Kandang

Laga hebat terjadi pada lanjutan Liga Champions di grup F, antara tuan rumah Borussia Dortmund kontra Real Madrid. Pertandingan berlangsung sangat menarik, kedua tim rasaksa itu saling silih berganti dalam menyerang. Permainan terbuka di peragakan oleh masing-masing pelatih.

Hasil imbang menghiasi laga pada malam itu. Meskipun serangan dan permainan sangat terbuka dan banyak sekali peluang tercipta tapi tim tuan rumah berhasil memaksa klub rasaksa Liga Spanyol itu meraih satu poin di Liga Champions.

Di menit-menit awal, anak asuh Thomas Tuchel sempat merepotkan barisan belakang dari Madrid. Perlahan tapi pasti, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan mampu menguasai bola dan mulai mengambil alih jalannya pertandingan. Meskipun bermain di kandang sendiri nampaknya Dortmund lebih sedikit bermain kebelakang.

Pemain gelandang bertahan, Julian Weigl harus bersusah payah menjaga kedalaman tim dan keseimbangan di saat melakukan serangan balik cepat maupun ketika harus di paksa bertahan karena gencarnya tekanan yang di berikan tim tami. Kuatnya lini tengah Madrid nampaknya menjadi perhatian Thomas Tuchel, ia melakukan banyak strategi agar bisa mengimbangi kecepatan para gelandang serang dari anak asuh Zinedine Zidane.

Begitu banyak pemain yang harus di waspadai Dortmud saat laga berjalan. Pemain seperti Toni Kroos, James Rodriguez dan Modric merupakan trio yang harus di matikan pergerakannya agar tidak bisa memberikan suplai bola kepada kedua pemain sayap dan ujung tombak, Karim Benzema. Sebenarnya, strategi ini berjalan cukup baik dan di terapkan dengan penuh kedisiplinan oleh para pemain Dortmud. Namun tingkat konsentrasi mereka harus terbagi ketika begitu banyak pemain lincah dengan pengolahan bola sangat baik yang harus dijaga.

Hasil imbang memang bukanlah skor bagus untuk kedua tim rasaksa tersebut. Bagi Dortmund laga di kandang sendiri seharusnya bisa meraih poin penuh karena mereka harus melakukan pertemuan berikutnya di Santiago Bernabeu, kandang Real Madrid. Jelas ini akan menjadi sulit bagi anak asuh Tuchel karena harus bermain bagus di bawah tekanan suporter di kandang rasaksa Spanyol itu.

Los Blancos Curi Satu Gol

cristiano-ronaldo

Di tengah-tengah sengitnya pertarungan lapangan tengah dan adu taktik dari kedua pelatih. Los Blancos (julukan Real Madrid) berhasil memberikan kejutan kepada publik tuan rumah. Serangan yang di lakukan Gareth Bale harus di hentikan oleh pemain bertahan dengan cara yang keras di dalam kotan pinalti. Cristiano Ronaldo mengambil alih tendangan tersebut dan berhasil memberikan satu gol untuk timnya di menit 17.

Ketinggalan satu gol, semangat anak-anak Dortmund justru semakin penasaran untuk membalas gol tersebut. Serangan yang di lakukan tim tuan rumah semakin gencar dan harus memaksa Toni Kroos dan kawan-kawan lebih rajin membantu pertahanan. Tekanan lini tengah Madrid mulai melemah dan inilah yang di manfaatkan oleh para pemain Dortmund.

Di menit 43, publik signal iduna park langsung bersorak ketika tim kesayangan mereka berhasil membobol gawang rasaksa Spanyol yang saat itu di jaga oleh Keylor Navas. Gol di lesakkan oleh Aubameyang. Terciptanya gol cukup bagus sekali, berawal dari tendangan bebas melengkung, meskipun berhasil di tepis dan menjadi liar di kotak pinalti mampu di manfaatkan menjadi gol oleh Aubameyang.

Babak pertama berakhir dengan skor imbang 1-1. Memasuki babak kedua, tim tuan rumah kembali merepotkan Keylor Navas beberapa kali. Serangan kejutan cepat ini benar-benar membuat suporter semakin bersemangat dalam mendukung tim kesayangannya itu. Sama seperti awal babak pertama, sepertinya Dortmund tidak terlalu bagus dalam menjaga konsentrasi mereka. Meskipun memberikan serangan bertubi-tubi di menit awal tapi mereka lengah ketika serangan balik Madrid yang sangat cepat.

Melalui umpan jauh dari Critiano Ronaldo kepada penggedor pertahanan musuh yaitu Karim Benzema yang melakukan tendangan indah dan membentur mistar gawang, berhasil di sambar Raphael. Sontak, pendukung tuan rumah langsung terdiam ketika bola menembus jala gawang Dortmund. Gol Varane di cetak pada menit 68, dari gol itu kemenangan Madrid sudah depan mata. Terlihat dari beberapa pemain mulai santai memainkan bola dari kaki ke kaki.

borussia-dortmund

Jika saja Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan bisa lebih menekan pertahanan tuan rumah meskipun sudah unggul 1-2 maka tidak akan terjadi malapetaka bagi Los Blancos. Kemenangan harus tertunda akibat gol yang di ciptakan Dortmund melalui pemainnya bernama Andre Schurrle pada menit ke-87, papan skor pun berubah menjadi 2-2.

Waktu semakin menipis, nampaknya tuan rumah semakin bernafsu untuk meraih kemenangan di kandang karena mereka harus bertandang ke Santiago Bernabeu beberapa hari kedepan dan itu jelas akan sangat sulit bagi mereka.

Gagal Menang, Ini Tanggapan Zinedine Zidane

Kubu Madrid sebelumnya sangat berharap sekali bisa memenangkan pertandingan kontra Dortmund. Agar bisa menempati posisi pucuk pada klasemen Liga Champions maka seharusnya anak asuh Zinedine Zidane wajib menang.

“Inilah sepakbola tidak bisa di hitung seperti matematika, kami sudah melakukan yang terbaik pada laga kali ini tapi tampaknya tuan rumah bermain lebih bagus dari kami dan memiliki sedikit keberuntungan daripada kami” menurut pelati Madrid tersebut.

Dengan skor 2-2 ini, maka Los Blancos harus puas menduduki peringkat kedua di klasemen grup F Liga Champions. Sedangkan Borussia Dortmund berhasil memuncaki persaingan di grup tersebut.