Manchester City vs AS Monaco

Comeback, Manchester City Taklukkan Monaco

Babak 16 besar leg pertama Liga Champions resmi telah bergulir pada pertengahan bulan Februari lalu. Salah satu pertandingan yang tersaji yakni laga antara Manchester City melawan AS Monaco. Pertandingan yang berlangsung pada tanggal 22 Februari 2017 tersebut, berakhir dengan kedudukan 5-3 untuk keunggulan tim tuan rumah. Setelah secara spektakuler mampu mengembalikkan keadaan setelah dua kali tertinggal.

Manchester City vs AS Monaco

Laga antara Manchester City melawan AS Monaco tersaji pada tengah pekan lalu

Dengan bekal kemenangan di leg pertama, The Citizens optimis akan melaju ke babak selanjutnya, meskipun akan mendapatkan perlawanan sengit di leg kedua yang akan dihelat di Stade Louis II pada tanggal 16 Maret 2017 mendatang.

Babak Pertama

Hujan delapan gol terjadi pada pertandingan antara Manchester City melawan AS Monaco pada tengah pekan lalu di leg pertama babak kualifikasi 16 besar UCL. Namun, City sukses keluar sebagai pemenang dengan keunggulan 5-3.

Manchester City vs AS Monaco

AS Monaco yang sempat unggul dua kali, harus takluk ditangan Manchester City

Laga tersebut berjalan dengan sangat ketat sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. The Citizens yang bermain di depan para pendukungnya sendiri yang memenuhi seisi bangku Etihad Stadium, mampu mendominasi jalannya pertandingan. Namun kejutan justru diberikan oleh tim tamu melalui sundulan Kamil Glik di menit ke 19, tetapi sundulannya masih melebar.

City yang terus menekan ke lini pertahanan lawan, akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit ke 26. Berawal dari pergerakan gesit dari pemain baru mereka, Leroy Sane yang berhasil melabuhi sejumlah pemain tim tamu, kemudian winger berkebangsaan Jerman tersebut memberikan umpan ke arah Raheem Sterling di depan muka gawang, yang dengan mudah membawa timnya unggul terlebih dahulu.

Akan tetapi, momentum positif itu tidak mampu dipertahankan oleh tim tuan rumah, dan hanya berselang enam menit saja, Monaco mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Adalah Radamel Falcao yang memanfaatkan umpan silang dari Fabinho yang pada sebelumnya menerima bola dari sapuan kurang baik dari kiper City yang saat itu dikawal oleh Willy Caballero.

The Sky Blues hampir saja kembali unggul, setelah Kun Aguero terjatuh di kotak penalti. Namun wasit tidak melihat hal tersebut pelanggaran dan justru memberikan kartu kuning kepada pemain asal Argentina itu, yang dianggap melakukan diving.

Setelah kejadian tersebut, tampaknya membuat permainan tim tuan rumah sedikit goyah dan tidak berkonsentrasi penuh. Alhasil, mereka harus mengakhiri babak pertama dengan skor 1-2, setelah pemain muda berbakat Kylian Mbappe dengan tenang menaklukkan Caballero.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, membuat City di babak kedua melancarkan berbagai serangan ke pertahanan lawan. Tetapi, justru Les Rouge et Blanc mendapatkan hadiah penalti pada menit-menit awal paruh kedua. Wasit menilai bahwa Nicolas Otamendi melakukan pelanggaran terhadap Falcao. Sayangnya, striker asal Colombia tersebut tidak mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik, lantaran Caballero sukses membaca arah bola.

Manchester City vs AS Monaco

Manchester City secara perkasa mampu mengembalikkan keadaan dan unggul 5-3 atas AS Monaco

Akhirnya, tim tuan rumah mampu menyamakan keunggulan menjadi 2-2, setelah Danijel Subasic sedikit melakukan kesalahan fatal dalam mengantisipasi tendangan keras Aguero yang padahal mengarah ke dirinya. Tidak berselang lama, Falcao benar-benar mencuri perhatian, lantaran Ia kembali membawa Monaco unggul, setelah memperdaya John Stones dan melakukan tendangan chip.

Kembali tertinggal, membuat tim arahan Pep Guardiola terus menekan ke jantung pertahanan lawan. Hingga akhirnya kembali mampu merubah papan skor menjadi 3-3, berkat tendangan pojok David Silva yang dimanfaatkan dengan sempurna oleh Aguero melalui tendangan volinya.

Secara perkasa, City mengembalikan keadaan dan mencetak dua gol dengan jarak waktu yang tidak jauh, yakni di menit ke 77 melalui tandukkan keras Stones dan hanya berselang lima menit setelah Sane terlebih dahulu melakukan umpan satu dua dengan Silva dan Aguero sebelumnya menaklukkan kiper lawan.

Di sisa-sisa waktu pertandingan, Falcao mampu hampir saja memperkecil ketertinggalan dan mencatatkan hattrick. Akan tetapi, tendangan keras kaki kirinya masih melebar. Hingga peluit panjang ditiupkan oleh sang pengadil lapangan, skor 5-3 bertahan untuk keunggulan Manchester City.